musik

Minggu, 16 November 2014

Uraian Beberapa Surat di Awal Al-Baqarah



Setelah Alif laam mim terjemehan berikutnya adalah ‘Kitab ini tidak ada keraguan padanya petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa’ timbul pertanyaan di sini, siapakah yang di sebut bertakwa? Maka translate berikutnya ‘Alladzi..yaitu orang-orang yang beriman kepada yang ghaib, mendirikan sholat, memberikan sebagian nikmat yang telah kami anugrahkan kepada mereka’ berikutnya ‘dan beriman pula kepada kitab Al-quran ini dan kepada kitab-kitab sebelumnya, dan kepada kehidupan akhirat mereka yakin’ ‘merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan mereka...’
Mari kita simak susunan kata, kosa, makna, inti, keluar-biasaan, keindahan dari susunan bahasa tingkat tinggi diatas, begitu hebat, begitu maha karena yang berfiman sang maha pencipta, sang maha bijaksana, sang maha cinta, sang maha berilmu yaitu Allah SWT. Dunia yang fatamorgana, dulu lahir sekarang dewasa esok tua dan masuk lubang kubur sebagai siklus hidup pada manusia yang dilengkapi akal budi sehingga bisa digunakan untuk berfikir, membuat suatu pilihan-pilihan.
‘Dan diantara manusia ada yang mengatakan kami beriman kepada Allah dan hari akhir, namun mereka sebenarnya tidak beriman’ bagimana dengan ayat ini? Sebuah pengakuan dusta yang terlontar dari lidah namun dipenuhi dengan keraguan dalam hati sehingga melahirkan keraguan yang sangat dan berdampak pada ketidak jelasan tujuan, ketidak percayaan dalam hidup, ketidak satuan antara ucap dan tingkah yang bermuara dari hati sebagai langkah awal berangkat.
Musuh terbersar adalah diri sendiri, input pengetahuan yang banyak dengan dibarengi keseriusan dan ghiroh dalam menggapainya dimana endingnya adalah dalam rangka menggapai ridho Ilahi dikotori dengan sikap-sifat plin-plan tidak punya pendirian karena kurang ilmu dan bahkan pula kebanyakan ilmunya, pilihan sementara yang menjadi utama, tidakkah kamu saksikan bagaimana bumi dihamparkan, space ruang yang kamu lewati, gunung-gunung sebagai pasak bumi, langit sebagai atap, matahari yang memasuki malam dengan terbenamnya diupuk barat dan memasuki siang dengan dimulai terbitnya dari arah timur?apakah kamu tidak berpikir, apakah kamu tidak berakal. ‘mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri mereka sendiri’. Aksi tipu-tipu, lobbyling dan upeti ooohh jagonya, lagu iwan fals.
‘Mereka tuli, bisu dan buta’ bisa mendengar namun tidak dipergunakan untuk hal-hal kebaikan, berbicara namun bukan untuk amar-makruf nahi mungkar dimana mulut terkonci tergembok rapat ketika ketidak wajaran ketidak adilan kebobrokan terjadi, bisa melihat tetapi lebih banyak untuk hal-hal maksiat, 
by Moh. SH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar